Sabtu, Oktober 18, 2008

Tonaas Rorimpandei

Berkuasanya Tonaas Rorimpandei muda
Kira-kira kurun waktu 1800-1830 yang memimpin wanua Kayuuwi adalah Tonaas Rorimpandei muda, dibawah kepemimpinannya pula pemukiman ini dipindahkan kesebelah barat daya dari kampung yang lama ( sekarang pemakaman umum ) hal ini dibuktikan dengan batu dan tawaang yang ada didareah itu.
Pada waktu itu bila ingin mendirikan rumah harus ditentukan oleh tetua kampung dalam hal ini adalah Tonaas. Adapun daerah pertanian yang ada , yang dulunya adalah hutan belantara yaitu :
• Selatan, berbatasan dengan Kanonang
• Baratnya, sampai dengan sungai Ranoangko berbatasan yang dengan Rumoong.
Menurut cerita orang tua, sewaktu pemukiman baru itu dibuka dibangun dalam situasi yang mendukung, akan tetapi Rorimpandei tua berketapan hati untuk tetap tinggal dipemukiman yang lama.
Dan akhirnya ia menghembuskan nafasnya yang terakhir disana, tempat kelahirannya yang sangat ia cintai. Jika diperkirakan ia hidup dalam kurun waktu 1750-1830 maka dapt dipastikan ia meninggal pada usia yang ke-80. Tonaas Rorimpandei tua ini dikebumikan di Nimawale, karena ia adalah seorang yang berpengaruh dikampung maka ia mendapat kehormatan untuk dikembumikan di sebuah lesar.
Sebenarnya Kayuuwi dahulu bukanlah nama mulanya akan tetapi nama adalah Kayumauwi, adapun penamaaan Kayumauwi itu nanti dipergunakan setelah pemukiman lama itu dipindakan, yang lokasinya berada diujung desa Kayuuwi yang sekarang. Pemukiman yang baru mula-mula ukurannya 200 X 200 meter persegi, dimana tempat penguburan dahulu masih ditempatkan dipemukiman yang lama.

Tidak ada komentar: